Dampingi Posyandu Sebagai Wujud Pengabdian Rekan Mahasiswa KKN-P 59 di Desa Kebonagung

Untuk mewujudkan tujuan tercapainya hidup sehat perlu adanya pemerataan pelayanan kesehatan yang dapat diakses secara mudah diiringi kesadaran oleh seluruh masyarakat itu sendiri. Upaya yang dapat dilakukan salah satunya ialah melalui kegiatan Posyandu. Pos Pelayanan Terpadu merupakan sebuah kegiatan dalam lingkup kesehatan yang dilakukan oleh, dari, dan untuk masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar dalam rangka untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi. Beberapa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh posyandu yaitu pemantauan pertumbuhan balita seperti pengukuran badan/tinggi badan, penimbangan berat badan, dan pengukuran status gizi balita. Kegiatan dalam posyandu di desa ini diperuntukkan oleh balita.

Sudah hampir kurang lebih 1 tahunan semenjak adanya wabah Covid-19 kegiatan kesehatan ini di liburkan untuk sementara untuk mematuhi anjuran pemerintah dan menjaga kesehatan antar masyarakat. Dan tepatnya kemarin pada tanggal 13 Maret 2021 kelompok dari KKN-P 59 UMSIDA serta para kader bersama-sama melaksanakan kegiatan Posyandu kembali. Posyandu kali ini berada di desa Kebonagung tepatnya pada dusun Kendal. Tak lupa juga sebelum memulai kegiatan ini para rekan mahasiswa mengarahkan kepada warga untuk mencuci tangan terlebih dahulu, memakai handsanitizer, dan menghimbau untuk tetap menjaga jarak dan memakai masker. Biar bagaimanapun juga protokol kesehatan ini tetap harus di terapkan meskipun semua kegiatan telah berjalan normal kembali seperti sebelumnya.

Dalam meningkatkan kesehatan desa ini memiliki beberapa kegiatan atau bisa disebut juga kelas, seperti POSBINDU, Posyandu Lansia, dan kelas Ibu Hamil. Rekan dari mahasiswi disini membantu dalam kegiatan seperti mengukur tinggi badan balita, berat badan, dan juga menuliskan data pada buku laporan Posyandu masyarakat. Semua kegiatan dari awal sampai akhir berjalan dengan sebagaimana aturan protokol kesehatan yang telah dijalankan dan sangat tertib.

Penulis : Novita Eka Safitri

Editor  : Love Retno Hermawan

Mahasiswa KKN-P 59 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo