Kegiatan Rutin Mengajar Mengaji oleh Mahasiswa KKN-P 59 UMSIDA

SIDOARJO – Mahasiswa UMSIDA pada saat ini sedang melaksanakan kegiatan KKN-P khususnya kelompok 59 di Desa Kebonagung, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.

Salah satu program kerja KKN-P kelompok 59 adalah memberikan pelajaran mengaji Al-Qur’an. Hal ini dilakukan mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini dibutuhkan kesabaran dalam menghadapainya dan perlunya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kegiatan mengajar mengaji Al-Qur’an dilaksanakan tanggal 1 Maret 2021 sampai dengan tanggal 27 Maret 2021. Dalam 1 minggu ada 3 kali pertemuan yaitu Senin, Rabu dan Sabtu pada pukul 15.30-16.30 bertempat di TPQ Desa Kebonagung dengan peserta para santriwan/santriwati yang sudah ada di TPQ tersebut.

Materi pelajaran yang diberikan adalah membaca dan menulis Al-Qur’an. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab dan praktek. Adapun desain mengajar yang diberikan mulai dari memperkenalkan diri, menjelaskan tujuan pembelajaran, pemberian materi pokok yang diawali dengan doa bersama-sama dengan para santriwan/santriwati, menjelaskan buku jilid sesuai masing-masing tingkatan praktek membaca dan menulis Al-Qur’an serta diakhiri dengan doa bersama.

Kegiatan mengajar mengaji Al-Qur’an ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN-P karena dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan ke dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kehadiran mahasiswa ini dapat membantu orang tua para santri dalam memberikan bimbingan belajar mengaji Al-Qur’an.

Semoga dengan adanya kegiatan KKN-P 59 UMSIDA ini dapat diterima dengan baik oleh para santri dan orang tua santri. Mahasiswa akan berusaha sebaik mungkin memberi pelajaran mengaji Al-Qur’an dengan cara memperkenalkan diri, menciptakan keakraban dan menerima saran serta masukan untuk pendidikan demi suksesnya kegiatan pembelajaran mengaji Al-Qur’an.

Penulis : Love Retno Hermawan

Editor : Novita Eka Safitri