KKN-P 59, Meningkatkan Kreatifitas Anak-Anak Diusia Dini Dengan Memanfaatkan Sampah Plastik

Sidoarjo – Senin, 15 Maret 2021, Mahasiswa KKN-P 59 Umsida memberikan edukasi untuk meningkatkan kreatifitas anak-anak di desa kebonagung dengan memanfaatkan sampah plastik.

Pada hari senin pagi pukul 09.00- 11.00 mahasiswa KKN-P 59 di desa kebonagung mengajak adik-adik disekiar untuk memanfaatkan sampah plastik diubah menjadi hiasan dan nantinya akan diletakkan disetiap sudut di desa kebonagung agar terlihat cantik, indah, dan menaik. Adapun alasan tertentu mengapa kita mengadakan atau mengajak adik-adik di desa kebonagung dikarenakan terdapat banyak sekali sampah-sampah plastik  yang berserakan di desa tersebut.

Langkah pertama kita mengumpulkan sampah-sampah tersebut yang sekiranya bisa dibuat kerajinan kemudian kita mengajak adik-adik untuk mencuci sampah-sampah tersebut dengan air bersih dan sesudahnya kita ajak mereka untuk cuci tangan agar kotoran dari sampah tidak menempel.

Kemudian kita mengajarkan adik-adik membuat kerajinan seperti bunga dari botol bekas air mineral, gelas plastik minuman, dan sampah plastik lainnya dengan menggunakan alat yang sederhana seperti:  gunting, penggaris,spidol,cat air, kuas, dan lem tembak. Mereka sangat antusias dan semangat belajar yang tinggi sehingga membuat kami (Mahasiswa KKN-P 59) juga ikut senang karena dapat memberikan ilmu baru bagi mereka dan mengurangi kegiatan mereka dalam bermain gadget yang dapat merusak mata dan pikiran adik-adik.

Kami berharap adik-adik sekalian dapat mengembangkan dan meneruskan kreatifitas mereka setelah KKN ini sudah selesai.

Penulis : Merlin Sintia Violina